Tips Yoga Untuk Pemula yang Aman Dilakukan di Rumah

Tips yoga untuk pemula yang aman dilakukan di rumah – Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang paling digemari saat ini dan banyak dilakukan seabgai cara terbaik membakar lemak paling ampuh. Selain bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, yoga ini juga cenderung mempunyai efek rileksasi yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan jenis olahraga yang lain, yang pastinya banyak menguras tenaga. Pelatihan yoga di Indonesia memang sudah cukup banyak, sehingga Anda yang ingin coba melatih yoga untuk pemula bisa dengan mudah melakukannya.

Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan teratur melakukan gerakan yoga. Tetapi perlu dicatat bahwa gerakan yoga ini akan dipaparkan pada penjelasan ini adalah gerakan paling aman. Sementara itu, untuk beberapa gerakan lanjutan yang butuh pengawasan instruktur atau pelatih yoga memang harus dilakukan dengan diawasi. Anda juga bisa baca Tips Cerdas Memulai Yoga Untuk Pemula

Tips Yoga Untuk Pemula yang Aman Dilakukan di Rumah

Tips Yoga Untuk Pemula yang Aman Dilakukan di Rumah

Seated yoga pose

Gerakan yoga untuk pemula paling awal ini wajib dikuasai. Posisi duduk tersebut kadang kalanya disepelekan sebab dianggap mudah tetapi tak semua mampu melakukannya dengan benar. Duduk bersila pada pose yoga ini dilakukan dengan cara tegap dada dengan membusung ke depan. Gerakan tersebut disertai dengan kepala diangkat ke atas dan biarkan posisi tetap rileks. Manfaat dari gerakan tersebut adalah melancarkan sirkulasi udarah ke otak dan hindari terjadinya penyumbatan darah.

Yoga mountain pose : Tadasana

Gerakan satu ini dimulai dengan cara berdiri dan melebarkan kaki selebar pinggul, lalu tumpulah berat badan dengan lengan di sisi tubuh. Awali dengan ambil nafas secara teratur, leher harus tetap sejajar dengan tulang belakang, lalu pindahkan lengan dengan tangan sembari berfokus pada kesejajaran leher serta tulang belakang. Anggap saja tangan dan lengan Anda arahkan di atas merupakan bentuk penggapaian pada langit, sehingga otot bahu ikut tertarik dengan rileks. Gerakan ini berguna untuk membentuk tubuh dan melatih mental.

Downward facing dog : Adho mukha syanasana

Gerakan tersebut bisa dimulai dengan posisi merangkak, silakan Anda arahkan saja tangan, pinggul, dan baju sejajar. Arahkan tangan ke bagian depan sembari merentangkan jari – jari sebagai tumpuan keseimbangan. Perlahan Anda bisa arahkan pinggul ke atas dan semakin ke atas hingga tubuh membentuk huruf V terbalik. Gerakan tersebut berguna untuk mengencangkan betis dan lancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.




Warrior pose : Virabhadrasana

Gerakan yoga untuk pemula tersebut diawali dengan berdiri dan dua kaki terpisah. Anda di sini harus bisa memposisikan kaki sebelah kanan pada posisi 90 derajat dengan kaki sebelah kiri mengarah ke bagian depan. Tekuk kaki kiri tapi jaga kaki sebelah kanan supaya tetap lurus. Secara perlahan turunkan tubuh atas dan rentangkan tangan sejajar dengan pundak. Gerakan ini berguna untuk mengencangkan kaki dan pergelangan kaki.

Yoga tree pose

Anda bisa mulai dengan berdiri tegak sembari mengangkat satu kaki untuk Anda taruh di lutut dengan menyamping, faktor keseimbangan penting dalam gerakan tersebut. Oleh sebab itulah Anda harus tetap fokus. Pada saat posisi dalam keadaan seimbang maka Anda bisa meletakkan tangan dengan cara menangkupkan satu sama lain pada dada. Gerakan ini berguna untuk perkuat kaki dan tulang belakang serta mengecilkan betis.

Demikian tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang tips yoga untuk pemula yang aman dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

2 × three =