Tipe Gerakan Asana Yoga Untuk Pemula yang Wajib Dicoba

Yoga untuk pemula –  Ada banyak gerakan – gerakan senam yang biasa dilakukan pada latihan yoga. Salah satunya adalah gerakan asana. Asana ini merupakan gerakan dasar yang biasanya akan diberikan oleh instruktur yoga pada senam yoga untuk pemula.

Mereka biasanya akan dikenalkan pada beberapa tipe gerakan asana mengingat gerakan asana memang memiliki banyak sekali tipe. Anda yang notabennya seorang pemula dalam senam yoga, berikut ini beberapa tipe gerakan asana yoga untuk pemula yang wajib Anda terapkan di rumah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Tipe Gerakan Asana Yoga Untuk Pemula yang Wajib Dicoba

Tipe Gerakan Asana Yoga Untuk Pemula

Berikut ini kami uraikan informasi lengkapnya untuk Anda mengenai beberapa tipe yoga untuk pemula yang dapat Anda terapkan di rumah, diantaranya :

Seated yoga pose

Gerakan yoga untuk pemula yang pertama bisa Anda lakukan adalah seated yoga pose. Gerakan ini merupakan gerakan yang bisa dilakukan pelaku yoga untuk menguasai gerakan duduk yang benar. Mungkin gerakan ini sepintas terkesan sepeleh. Akan tetapi Anda perlu percaya bahwa gerakan ini juga berat dilakukan karena tak semua orang bisa melakukannya dalam waktu yang lama. Gerakan duduk yang baik dalam senam yoga yaitu dengan posisi duduk bersila, posisi tubuh upayakan tegap dan dada diupayakan membusung ke depan. Kepala diangkat ke atas dan rileks. Gerakan ini akan menjadi dasar gerakan yoga untuk menguatkan otot dan beberapa gerakan memilin tubuh juga dijadikan penyeimbangnya.

Standing yoga pose

Dalam asana yoga juga terkenal dengan tipe gerakan standing yoga pose. Gerakan ini bisa dilakukan dengan baik dan butuh sedikit pengorbanan melakukannya. Pertama – tama Anda buka kaki lebar – lebar. Selanjutnya Anda bisa letakkan tangan kiri lurus ke kaki sementara tangan kanan arahkan miring ke samping sekitar 45 derajad. Jangan lupa pandangan mata ikuti arah tangan kanan Anda. Gerakan ini sangat baik untuk membentuk tubuh Anda.




Gerakan yoga ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik lagi. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 menit setiap harinya atau minimal setiap 2 hari sekali, maka tubuh ideal akan Anda dapatkan.

Restorative yoga pose

Restorative yoga pose merupakan gerakan yoga untuk pemula yang simple namun memiliki efek langsung ke bagian vital tubuh yaitu melatih alat pernapasan kita. Gerakan yoga untuk pemula bisa diawali dengan duduk bersimpuh ala orang Jepang. Selanjutnya condongkan badan ke arah depan dan pastikan menyentuh paha dan kepala menyentuh lantai. Untuk posisi tangan biarkan terjulur ke depan.

Core yoga pose

Gerakan ini bentuknya seperti huruf A karena Anda harus membungkuk lebih dulu kemudian mengangkat pantat ke arah atas. Tangan upayakan menyentuh lantai dan kepala dibungkukkan sejajar dengan tangan. Gerakan ini sangat berguna untuk membentuk otot abdomen Anda.

Back pain yoga pose

Back pain yoga pose merupakan suatu gerakan yoga yang berguna dalam melatih otot punggung serta membantu penyembuhan cedera otot punggung. Gerakan back pain yoga pose diawali dengan tidur terlentang. Selanjutnya kaki ditekuk dan pantat diangkat ke atas. Kemudian tangan rileks diletakkan ke samping tubuh.

Itulah beberapa tipe gerakan yoga untuk pemula yang bisa Anda terapkan. Anda bisa lakukan di rumah untuk dapatkan manfaat sehat yoga setiap harinya. Lakukan secara teratur untuk meraih manfaat menyeluruhnya.

Recomended Yoga

No Comment

Leave a Reply

5 × 2 =