Panduan Sebelum Dan Selama Latihan Senam Yoga

Senam yoga – Kini Yoga sudah berumur lebih dari 1000 tahun. Hanya saja tak seperti manusia ketika umurnya semakin menua mereka akan semakin letih dan tak bisa melakukan apa yang mereka inginkan seperti mereka muda. Yoga, semakin umurnya menua semakin banyak pengikutnya bahkan semakin terkenal dan bisa melakukan apa yang ingin diwujudkan selama perkembangannya.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin melakukan latihan senam yoga, mulailah sedari sekarang. Anda juga perlu tahu bahwa ada banyak pedoman dan panduan dalam melakukan senam yoga. Berikut kami berikan beberapa paparan tentang panduan sebelum dan selama melakukan latihan senam yoga yang dapat Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Panduan Sebelum Dan Selama Latihan Senam Yoga

Panduan Sebelum Dan Selama Latihan Senam Yoga

Anda yang ingin menerapkan latihan yoga, berikut kami uraikan beberapa panduan sebelum dan selama latihan senam yoga yang disarankan Anda terapkan diantaranya :

Bersikap tenang

Sebelum latihan yoga dimulai, Anda bisa memulai latihan sendiri dengan sikap dari diri Anda. Coba bersantai dengan menyandarkan punggung selama dua atau tiga menit sebelum memulai yoga. Lakukan setiap gerakan dengan tenang dan tanpa rasa tegang. Anda juga bisa bernafas melalui hidung pada semua posisi (kecuali jika Anda mulai melakukan senam yoga dengan pose Shavasana). Ketika bernafas, upayakan jangan menahan nafas terlalu lama atau menghirup nafas terlalu dalam.




Jika mulai tidak nyaman, sudahi pose yang dilakukan

Akan ada banyak gerakan pose yoga yang nantinya Anda lakukan. Jangan memaksakan diri dengan gerakan pose tersebut. Ada baiknya Anda sudahi pose yoga pada suatu postur setiap kali Anda mulai merasa tidak nyaman. Dengan begini akan meminimalisir resiko cedera pada diri Anda ketika latihan yoga dilakukan.

Lakukan yoga pada perut normal

Jangan makan kurang lebih sekitar 2 jam sebelum latihan yoga dimulai. Anda bisa lakukan latihan yoga setelah empat jam makan makanan berat, dua jam setelah makanan ringan dan 10 sampai 15 menit setelah Anda minum. Dengan begini Anda akan bisa lakukan latihan senam yoga dengan maksimal.

Kenali kemampuan tubuh Anda

Sebelum Anda mulai gerakan pose yoga Asana, akan sangat penting bagi Anda mengenali kemampuan tubuh. Jangan pernah Anda paksa tubuh melakukan postur jika tubuh Anda sebenarnya tak mampu melakukannya. Santai saja, yoga bukan olahraga kompetitif dan bisa Anda lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Selalu konsultasi dengan pelatih

Ada yang sudah terbiasa dengan latihan yoga, jika kemudian Anda berada dalam masa kehamilan, atau Anda baru saja menjalani masalah operasi, memiliki masalah sakit jantung, sendi, tulang belakang atau tekanan darah tinggi baiknya minta nasihat guru yoga tersebut tentang postur yang Anda harus hindari.

Lakukan dengan seimbang

Jika ternyata Anda tak punya banyak waktu untuk melakukan semua pose yoga, baiknya Anda pilih setidaknya satu pose berdiri, satu pose perut, satu atau dua regangan maju dan mundur serta satu pose duduk. Pada kesempatan berikutnya, Anda bisa lakukan sisanya jika memang masih ada sisa waktu. Akhiri latihan asana dengan pose relaksasi seperti Shavasana sebelum yoga berakhir.

Anda yang akan melakukan latihan yoga, atau bagi Anda pemula yoga itulah beberapa hal yang Anda perlu lakukan sebagai panduan yoga. Terapkan sebelum dan selama latihan senam yoga. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

1 × 1 =