Kesalahan Latihan Senam Yoga Di Rumah yang Sering Dilakukan

Senam yoga – Melakukan latihan senam yoga memang bisa dimana saja. Tak hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran bersama seorang pelatih, banyaknya tutorial senam yoga yang bisa ditemukan di internet menjadikan yoga bisa dilakukan termasuk di rumah. Bahkan yoga juga menarik dilakukan tanpa seorang pelatih sekalipun.

Anda yang ingin melakukan latihan yoga di rumah tanpa pelatih dan dilakukan secara mandiri melalui tutorial bisa saja mulai melakukannya sekarang. Hanya saja Anda perlu melakukan secara seimbang dan jangan sampai melakukan kesalahan dalam senam tersebut. Karena jika Anda melakukan kesalahan dalam senam tersebut bisa – bisa manfaat yoga yang optimal tak akan bisa Anda raih. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam latihan yoga di rumah, Anda harus menghindarinya!

Kesalahan Latihan Senam Yoga Di Rumah yang Sering Dilakukan

Kesalahan Latihan Senam Yoga Di Rumah

Berikut ini kami berikan informasinya beberapa kesalahan dalam latihan senam yoga dirumah dan Anda perlu menghindarinya. Beberapa kesalahan tersebut diantaranya :

Yoga ketika perut kenyang

Melakukan yoga dengan perut kosong memang akan lebih baik jika dibandingkan ketika perut sedang kenyang. Dengan melakukan gerakan yoga ketika perut kenyang maka akan dapat membuat Anda merasa kesulitan untuk melakukan gerakan – gerakan tertentu selain itu. Juga akan membuat Anda tidak nyaman. Anda bisa berikan jeda sekitar 2 jam setelah makan buah atau kurang lebih sekitar 4 jam setelah makan siang. Hal ini juga karena senam yoga perlu proses nutrisi untuk digunakan lagi nantinya sebagai energi.




Melatih diri terlalu kuat

Yoga memang punya berbagai gerakan berdasarkan tingkatannya masing – masing. Mulai dari tingkatan yang mudah sampai dengan tingkatan yang rumit untuk dipraktekkan. Dan apa saja gerakannya, Anda tidak boleh terlalu memaksakannya. Jika ketika melakukan sebuah pose Anda kemudian merasa tubuh sudah terlalu sulit melakukannya, baiknya Anda segera hentikan.

Senam yoga merupakan sebuah keadaan bagaimana Anda bisa peduli terhadap tubuh sendiri dan bagaimana Anda kemudian nanti akan meresponnya. Jika terlalu dipaksa, padahal tubuh belum melakukan apapun bisa – bisa Anda akan mengalami cedera nantinya.

Melewatkan pose – pose dasar

Ketika melihat orang – orang yang sudah pro dalam melakukan berbagai gerakan yoga memang hal ini akan membuat kita juga ingin mencobanya. Dan sebenarnya tak salah jika Anda ingin mencoba gerakan yoga yang lain. Tetapi Anda tak boleh terlalu terburu untuk melakukannya.

Anda bisa mulai lakukan yoga dengan latihan – latihan dasar dulu. Jika latihan dasar sudah Anda kuasai, kemudian baru Anda bisa melakukan pose – pose yoga lain yang lebih rumit tentunya. Darisana Anda akan bisa mulai belajar untuk berkembang.

Pikiran yang tidak fokus

Faktor penting lain yang tidak boleh dihiraukan dalam melakukan senam yoga adalah fokus. Jika Anda punya pikiran yang tidak fokus bisa – bisa Anda akan kuwalahan. Pikiran yang bercabang perlu Anda hindari karena hal ini bisa membuat gerakan yoga tidak maksimal dan nantinya bisa membuat Anda tidak sukses melakukannya.

Salah gerakan ketika latihan yoga

Ini juga menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan ketika melakukan gerakan yoga. Perhatikan postur tubuh dengan tepat. Jika Anda melakukan gerakan yang salah tentu akan berbahaya bagi tubuh Anda sendiri nantinya. Karena itu bagi para pemula, akan sangat disarankan untuk Anda melakukan latihan yoga didampingi seorang instruktur yoga agar tidak terjadi kesalahan yang fatal bahkan sampai beresiko cedera.

Itulah beberapa kesalahan dalam latihan senam yoga yang Anda perlu tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

5 × five =