Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Latihan Senam Yoga

Senam yogaYoga memang sudah tua. Akan tetapi semangat orang untuk berlatih yoga ternyata tidak pernah menua. Bahkan olahraga yang berumur sekitar 5000 tahun ini semakin lama semakin terkenal dan banyak pengikutnya, termasuk di Indonesia.

Hal ini karena gerakan yoga yang mudah diikuti sehingga yoga menjadi salah satu pilihan olahraga senam terbaik yang bisa diterapkan siapa saja. Yoga juga menjadi cabang olahraga yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan latihan yoga tentu saja fisik, mental dan spiritual akan bisa dilatih dan disehatkan kembali. Anda yang ingin sehat secara fisik, mental dan spiritual, mari mulailah melakukan latihan yoga sedari sekarang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum latihan senam yoga yang bisa Anda terapkan. Cek informasinya!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Latihan Senam Yoga

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Latihan Senam Yoga

Sebelum Anda mulai latihan senam yoga, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang senam yoga diantaranya :

Pelajari manfaat yoga

Yoga memang menjadi salah satu aspek yang dapat membantu dalam meningkatkan keseimbangan, stamina, kekuatan dan juga fleksibilitas. Yoga juga sekaligus dapat mengurangi stres dan rasa cemas bagi siapa saja yang melakukannya. Beberapa gerakan yoga bahkan juga dapat membantu mengurangi masalah kram, sakit pinggang, sakit punggung dan beberapa penyakit lain yang ada kaitannya dengan sendi dan tulang belakang.

Cari tahu pilihan cabang yoga

Cabang – cabang utama yoga diantaranya adalah Hatha Yoga, Karma Yoga, Juana Yoga, Bhaki Yoga dan juga Raja Yoga. Anda dapat mulai memilih gaya Yoga sesuai dengan tingkat kebugaran, kepribadian dan juga kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.




Minum dan makan sebelum yoga perlu diperhatikan

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan sebelum mulai latihan adalah jangan biarkan perut Anda kosong. Jika mungkin, Anda bisa makan dan minum secukupnya. Tapi ingat, makan dan minum bisa dilakukan 2 jam sebelum latihan yoga. Dengan begini Anda tidak akan kelaparan atau terlalu merasa kenyang.

Instruktur yoga

Yoga untuk pemula harus dilakukan dibawah pengawasan seorang guru yang berpengalaman. Seorang guru akan melakukan koreksi atas postur muridnya sehingga Anda tak akan melukai diri sendiri. Anda juga dapat menawarkan modifikasi jika Anda memiliki keterbatasan fisik.

Siapkan perlengkapan yoga

Sebelum Anda mulai kelas, Anda mungkin ingin mendapatkan perlengkapan yoga seperti tikar atau matras, dan juga video tentang yoga. Anda bisa siapkan perlengkapan yoga ini sebelum benar – benar mulai melakukan latihan yoga.

Lakukan pernapasan

Ketika Anda sedang melakukan latihan yoga, Anda bisa bernapas dengan benar. Tarik dan keluarkan napas melalui hidung agar Anda juga dapat bernapas lebih dalam. Pernapasan tentu nantinya akan dapat membuat Anda lebih santai. Jika Anda tidak bisa bernafas dengan lancar atau mungkin mulai merasa lelah atau sakit segera akhiri pose yang Anda tengah lakukan ini.

Perhatikan posisi Anda melakukan yoga

Senam yoga bisa Anda awali dengan melakukan pose sederhana dan secara bertahap mengarah ke pose yang lebih sulit. Child’s pose, downward, dan juga dolphin pose merupakan beberapa contoh dari pose yoga untuk pemula yang dapat Anda terapkan. Atau bisa baca untuk persiapan sebelum melakukan latihan senam yoga untuk pemula dibawah ini baca.

Durasi melakukan latihan yoga

Idealnya yoga harus dilakukan setiap hari dan harus mencakup setidaknya sekitar 15 menit latihan inti dan sekitar 15 menit latihan pernapasan serta meditasi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai latihan senam yoga. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Recomended Yoga

Leave a Reply

3 + fourteen =