7 Poin Harus Diketahui Bagi Yoga Untuk Pemula

Bagi Yoga Untuk Pemula – Tentunya sebagian orang yang baru mengenal yoga bertanya-tanya. Bagaimana sih gerakan atau pose yoga untuk pemula, dimulai dengan gerakan seperti apa sih. Seperti diketahui manfaat dari berlatih yoga, yaitu dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Tetapi harus di lakukan dengan cara yang benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan senam yoga, berikut Anda ketahui terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan bagi yoga pemula.

  1. Yoga, Apa itu ?

    Yoga merupakan sebuah metode untuk mengajarkan kedisiplinan. Kata yoga berasal dari bahasa sanksekerta, yang artinya kesatuan. Kegiatan ini sudah dilakukan di India sejak 2000 tahun lalu, komponen terpenting dalam olahraga yoga adalah. Yamas (pengendalian), Niyamas (ketekunan), Asana (postur), Pranayama (pernapasan), Pratyahara, Dharana, Dhyani (meditasi), dan Samadhi (penyerapan). Tapi pada saat ini, yoga hanya terfokus pada komponen Asana saja. Yaitu gerakan untuk memperbaiki postur tubuh dan dapat memperkuat tubuh dan stamina. Biasanya yoga untuk pemula, dipusatkan latihannya pada bagaimana melakukan pose yang baik dan benar dalam melakukan gerakan yoga.

  2. Hatha Yoga, apakah itu ?

    ‘Hatha’ yang berarti kemauan atau keinginan. Gerakan Hatha yoga adalah, gerakan yang di gunakan untuk harmonisasi bagi kulit, tubuh dan untuk tulang. jenis pose yoga ini digunakan untuk membuka kanal-kanal tubuh, sehingga energi dapat di alirkan dengan baik ke seluruh tubuh. Gerakan ini cukup mudah bagi yoga pemula lakukan, sehingga mudah untuk dipelajari dalam tahap awal memulai latihan senam yoga.

  3. Berapa Lama Berlatih, Agar Mahir Yoga ?

    Waktu ideal melakukan senam yoga yaitu, selama satu jam dalam setiap hari dalam seminggu. Namun bagi yoga untuk pemula, agar manfaatnya maksimal sebaiknya melakukannya dua atau tiga kali dalam seminggu. Dan masing-masing gerakan dilakukan dalam satu jam atau satu setengah jam saja. Dan apabila Anda sudah terbiasa, maka untuk waktunya dapat Anda tambah sedikit demi sedikit sesuai kemampuan Anda.

  4. Yoga olahraga berbeda dari yang lain ?

    Berbeda seperti olahraga senam aerobik atau fitness, yoga bukanlah sekedar melatih fisik. Yoga terbilang unik karena gerakan-gerakannya menghubungkan tubuh dengan pikiran, dan sistem pernapasan juga. Hal inilah sehingga membuat olahraga ini berbeda dengan olahraga yang lain. Dimana manfaat yoga bisa langsung dirasa, yaitu ke seluruh tubuh saat melakukan latihan fisik. Dan sistem pernapasan tubuh serta pikiran juga akan ikut bekerja.

  5. Tubuh tidak lentur, Apabisa melakukan Yoga ?

    Banyak yang takut tentang hal ini, merasa badan atau tubuh tidak lentur jadi tidak dapat melakukan gerakan yoga. Padahal gerakan yoga, justru nantinya bakal membuat tubuh Anda bakal menjadi lentur sendirinya. Bagi yoga untuk pemula, mulailah dengan gerakan-gerakan yang mudah terlebih dahulu dan apabila tidak kuat jangan dipaksakan. Biarkan tubuh Anda, untuk mengikuti prosesnya.

  6. Memulai Yoga, Apa Saja yang diperlukan ?

    Bagi yoga untuk pemula, hal yang diperlukan dalam memulai olahraga yoga yaitu tubuh yang siap untuk berlatih serta pikiran yang tenang. Kemudian untuk peralatan, gunakanlah celana khusus yoga seperti halnya dengan olahraga lainnya. Agar Anda dalam bergerak lebih mudah, dan untuk pakaian atas tidak terlalu longgar tapi juga tidak ketat. Meskipun dilihat tidak begitu banyak terlihat gerakan, tapi yoga dapat mengularkan banyak keringat. Jadi tentunya Anda memerlukan handuk kecil untuk mengelap keringat Anda. Dan hal terpenting yang dibutuhkan yaitu alas atau matras, apabila Anda melakukan di rumah masing-masing.

  7. Sebelum Yoga, Hal-hal yang tidak boleh di lakukan ?

    Bagi yoga untuk pemula, ada beberapa hal yang tidak harus dilakukan sebelum melakukan latihan yoga. Yaitu, sebaiknya tidak makan apapun selama 2-3 jam sebelumnya. Dalam melakukan gerakan yoga, mengharuskan tubuh untuk bergerak ke kanan dan kiri. Apabila sebelumnya Anda telah makan dan makanan belum tercerna sempurna, maka akan membuat tubuh Anda menjadi tidak nyaman dalam melakukan gerakan yoga. Tapi apabila Anda ingin tetatp untuk menjaga stamina dan mencegah lapar selama berlatih yoga, Anda diperbolehkan untuk makan makanan yang ringan seperti yogurt, kacang-kacangan, dan buah segar.

Leave a Reply

fourteen − 12 =