5 Pose Dasar Yoga Untuk Pemula yang Paling Ringan Diterapkan

Yoga untuk pemula – Bagi seorang pemula yang baru mengenal dan belajar senam yoga, tentu saja yoga untuk pemula yang disarankan untuk diterapkan haruslah latihan dengan gerakan yang ringan – ringan dulu. Apalagi kalau senam yoga yang diterapkan tersebut adalah senam yoga tanpa didampingi pelatih yoga.

Sebenarnya ada beberapa pose dasar yoga untuk pemula yang paling ringan dan sangat aman untuk diterapkan. Dengan beberapa pose ini gerakan yoga yang dilakukan aman bahkan bisa Anda terapkan sendiri di rumah tanpa didampingi pelatih. Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda tentang beberapa pose dasar yoga untuk pemula yang paling ringan dan sangat aman diterapkan. Yuk cek informasi lengkapnya berikut ini!

5 Pose Dasar Yoga Untuk Pemula yang Paling Ringan Diterapkan

Pose Dasar Yoga Untuk Pemula yang Paling Ringan Diterapkan

Untuk Anda yang memang ingin menerapkan latihan senam yoga, beberapa latihan dasar yoga untuk pemula yang sangat disarankan untuk Anda terapkan diantaranya :

Mountain pose

Pose dasar yoga untuk pemula ini memang tampak sederhana. Akan tetapi jika Anda melakukannya dengan benar tentu akan dapat membantu memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh Anda. Coba saja berdiri dengan jari kaki menyentuh lantai dan biarkan tumit sedikit terpisah satu sama lain dengan meletakkan lengan di samping tubuh Anda. Anda bisa bayangkan sedang mengangkat tubuh dari batin Anda. Kemudian tarik bahu ke bawah dan rentangkan tulang selangka Anda. Upayakan memposisikan kepala Anda sejajar denga bahu dan upayakan posisi dagu sejajar dengan lantai. Panggul serta punggung bawah harus dibuat netral tidak terselip atau melengkung. Selanjutnya tahan selama 30 detik sampai 1 menit.

Warrior pose

Mulai berdiri dengan memisahkan kaki sejauh 4 langkah. Selanjutnya tekuk kaki kanan sehingga akan membentuk sudut 90 derajad. Bawa tangan Anda ke pinggul dan rilekskan bahu Anda. Perpanjang lengan ke samping dengan telapak menghadap ke arah bawah. Setelah itu hadapkan pandangan Anda ke arah tangan kanan. Tahan kurang lebih selama 1 menit dan ulangi di sisi yang berbeda.




Tree pose

Pose senam yoga untuk pemula yang satu ini dilakukan dengan teknik berdiri dengan tangan disamping tubuh. Kemudian beratkan tumpuan pada kaki kiri. Angkat kaki kanan dan tempatkan didalam paha kiri kaki Anda. Jaga supaya pinggul tetap menghadap ke depan. Kalau semuanya sudah seimbang, bawa tangan Anda ke depan dalam posisi berdoa yaitu letakkan telapak tangan bersama – sama. Ketika menarik nafas, rentangkan juga tangan Anda ke atas dengan telapak tangan berhadapan satu sama lain dan upayakan agar tidak bersentuhan. Tahan kurang lebih selama 30 detik lalu buang nafas kembali dan kembalilah pada posisi semula. Ulangi gerakan ini lagi pada sisi yang berlawanan.

Bridge pose

Bridge pose dapat dilakukan dengan Anda bentangkan dada serta paha untuk meregangkan tulang. Berbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk kemudian letakkan sejajar diatas tumit. Anda bisa tempatkan tangan di samping dengan telapak menghadap ke bawah. Angkat juga pinggul sampai paha paralel dengan lantai lalu bawa dada ke arah dagu. Tahan kurang lebih selama 1 menit.

Triangle pose

Berdiri dengan Anda buka kaki sekitar 3 langkah. Arahkan jari kaki kanan ke arah kanan dan jari kaki kiri ke arah depan. Rentangkan tangan di kedua sisi dengan telapak dihadapkan ke arah bawah. Jatuhkan tubuh ke arah kanan sampai jari tangan kanan Anda menyentuh jari kaki kanan atau menyentuh lutut jika tidak bisa. Rentangkan kemudian tangan kiri dengan jari – jari upayakan menghadap ke arah langit – langit. Ubah pandangan Anda ke langit – langit baru tahan selama 5 napas dan berdiri lagi ke arah yang berlawanan.

Itulah beberapa gerakan dan pose dasar yoga untuk pemula yang bisa diterapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

Leave a Reply

6 + one =