5 Gerakan Yoga Untuk Mengatasi Insomnia

Pastinya setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya susah tidur atau insomnia. Ya, walau hanya sesekali saja mengalami susah tidur. Tapi terdapat beberapa faltor yang menjadi penyebab insomnia, dan kebanyakan masalah yang terjadi susah tidur dikarenakan dimana pikiran yang terus menerus. Dengan begitu untuk mengatasi masalah susah tidurpun dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari minum coklat hangat, menonton movie, hingga berendam di air hangatpun dilakukan.

Namun dengan cara di atas untuk mengatasi insomnia disebutkan juga tak dapat membantu Anda. Maka diperlukan kegiatan lain yang dapat membantu mengatasi insomnia dengan efektif. Perlu untuk Anda mencoba rangkaian gerakan yoga supaya Anda dapat tidur terlelap dengan cepat. Dan untuk cara melakukannya Anda juga tidak perlu untuk mempersiapkan alat yoga seperti matras, karena Anda dapat melakukan gerakan yoga untuk mengatasi insomnia di atas kasur Anda loh.

5 Gerakan Yoga Untuk Mengatasi Insomnia

Gerakan Yoga Forward Fold

Untuk memulai gerakan yoga ini, mulailah berdiri dengan kedua kaki sedikit terbuka selebar dengan pinggul Anda. Kemudian bungkukkan badan Anda ke bawah, dan biarkan kepala menggantung. Kemudian jalin kedua tangan di atas kepala, lalu rilekskanlah punggung atas Anda. Tahan posisi gerakan yoga forward fold ini selama 5 kali. Kemudian sambil rasakan perengangan pada otot-otot bagian hamstring.

Gerakan Yoga Side Lunge

Kemudian lanjutan dari gerakan yoga forward fold, yaitu gerakan side launge. Mulai dengan melebarkan salah satu kaki Anda seleber 1 meter lebih, dengan sambil menghembuskan napas peerlahan. Kemudian tekuk lutut kaki satu Anda lagi sehingga tubuh membentuk pose gerakan lunge. Dan rasakanlah adanya tarikan pada paha kaki Anda. Dan bawa pinggul Anda turun serendah yang bisa Anda lakukan sambil mengarahkan jari kaki ke langit-langit. Pertahankan tubuh untuk tetap tegak, lalu tarik napas sambil membawa tubuh kembali ke atas. Lalu kembali pada posisi semula, dan ulangilah untuk sesi kaki yang berbeda.




Gerakan Yoga Low Crescent Lunge

Dari pose side lunge, kemudian turunkan pinggul pinggul lebih tinggi sehingga sedikit mendekati kasur Anda. Lalu arahkan tubuh ke belakang sedikit dan rasakan tarikan pada otot pinggul Anda. Apabila tubuh Anda tidak dapat untuk seimbang, bantulah dengan menyanggah dengan letakan telapak tangan kondisi jari-jari tangan terbuka. Tahan 5 kali napas sebelum Anda mengulangi untuk sesi sisi kaki lainnya.

Gerakan Downward Facing Dog

Untuk gerakan facing dog ini bisa Anda lakukan dengan berbagai pose. Gerakan pertama, awali dengan posisi tegak berdiri kemudian bungkukkan badan ke bawah. Dan gunakan tangan untuk menjahui kaki. Setelah itu gerakan pada posisi plank, dan untuk mempersingkat waktu Anda dapat melakukannya langsung dengan posisi plank. Dan rasakanlah pada otot hamstring, bahu, serta bagian perut dalam Anda.

Gerakan Yoga Half Pigeon

Mulai dari pose downward facing dog, arahkan kaki kanan Anda ke depan. Dan sambil menekuk lutut kaki kanan Anda tadi ke samping. Kemudian tempatkan bagian luar paha dan kaki kanan sejajar di atas kasur. Sanggah tubuh dengan jari-jari tangan terbuka dan lutut kiri Anda, setelah itu posisikan tubuh sampai keadaan seimbang. Lalu bungkukkan badan ke depan dengan 1 kali hitungan napas, dan sambil merenggangkan tulang belakang badan Anda. Tahan psosisi ini selama 5 kali hitangan, setelah itu lakukan dengan kaki sebelahnya lagi.

Leave a Reply

1 + eleven =