5 Gerakan Dalam Latihan Senam Yoga Menggunakan Yoga Block

5 gerakan dalam latihan senam yoga menggunakan yoga block – Yoga block ini juga bisa dijadikan sebagai senjata terampuh dalam membantu latihan supaya jadi lebih kuat dan mendalam, sehingga didapatkan postur tubuh yang tepat sesuai pose atau gerakan dalam latihan senam yoga yang dimaksud. Nah, berikut ini adalah 5 gerakan dalam latihan senam yoga paling difavoritkan dengan penggunaan block.

Bridge pose : Setu bandha sarvangasana

Yoga block ini berguna untuk membantu menjaga kaki tak melebar ketika menekan lantai sebab akan akibatkan tekanan berlebihan di area sakral dibawah pusar maupun lutut. Lakukan dengan cara meletakkan block memanjang di kaki dan sejajar dengan telapak kaki. Angkat bagian pinggul, lalu tarik tulang ekor ke arah dalam lutut, dan terakhir tarik dada ke arah dagu. Silakan bernafas sebanyak 5 kali.

Wheel pose : Urdhya dhranurasana

Latihan senam yoga menggunakan block satu ini berguna untuk mencegah kaki tak melebar dan bantu menggunakan bagian dalam paha sebagai sumber tenaga, angkat punggung, dan stabilitas sakral. Anda bisa melakukan dengan cara meletakkan block dengan posisi berdiri diantara paha sekitar beberapa cm di atas lutut dan pijakan kaki sejajar dengan lantai. Posisikan tangan disamping telinga dengan jari di arahkan ke pundak. Tekan tangan, lalu angkat pinggul dan tubuh hingga kepala. Istirahat sebentar, dan bila masih memungkinkan, tarik nafas dan angkat tubuh hingga posisi full wheel pose. Tahan 5 nafas.

Revolved triangle : Parivrtta trikonasana

Block pada latihan senam yoga satu ini berguna untuk menambhkan sedikit ketinggian bawah tangan yang diturunkan sehingga ciptakan hypotenuse pada bentuk segitiga. Stabilitas akan jadi lebih baik lagi begitu pula struktur dan pembukaan. Bisa dimulai dengan warrior 1 disisi kanan, luruskan kaki depan lalu tarik kaki kebelakang sedikit kedalam. Letakkan tangan kanan dipinggul dan luruskan tangan kiri ke atas kepala. Bila sudah, turunkan badan hingga pinggul sehingga torso parallel dengan lantai. Turunkan tangan Anda ke kiri di luar kaki kanan hingga menyentuh dengan permukaan block. Satukan bagian dalam paha, lalu perkuat hingga ke ujung jari. Tarik nafas dan luruskan tubuh, kemudian hembuskan nafas, tahan selama 5 nafas.

Revolved half moon : Parivrtta ardha chandrasana

Gerakan dalam latihan senam yoga dengan block satu ini untuk menambah panjang tangan dan pertahankan panjang natural punggung. Lakukan saja persiapan, seperti revolved triangle akan tetapi tangan kiri diletakkan dibagian bawah bahu kiri dan kaki kiri diluruskan ke bagian belakang. Tekan hingga ke ujung ibu jari kanan, lalu luruskan tubuh sampai kepala. Tarik nafas dan hembuskan. Tahan 5 – 10 nafas.




Chaturanga dandasana

Yoga block ini digunakan untuk menambah tenaga dan pengingat tubuh supaya menggunakan kaki ketika ubah posisi supaya pinggul tak turun sehingga tubuh tetap lurus. Bisa dimulai dengan downward dog dan letakkan block di bagian tengah paha. Tarik nafas dan gerakkan tubuh Anda ke depan sampai lurus dan majukan dada sampai tubuh bertumpu di ujung jari kaki. Tariklah siku ke arah iga lalu turunkan kembali seperti posisi push up. Tekan block kemudian luruskan tulang ekor ke arah tumit. Tarik nafas dan hembuskan.

Demikianlah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang 5 gerakan dalam latihan senam yoga menggunakan yoga block. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

thirteen + fifteen =