4 Latihan Senam Yoga Untuk Melatih Panggul Saat Hamil

4 latihan senam yoga untuk melatih panggul saat hamil – Pada saat Anda sedang hamil, maka perubahan hormon terjadi sejak awal kehamilan yang tidak jarang membuat Anda merasa mual, pusing, dan tubuh yang terasa lelah. Seringkali Anda merasa sakit di bagian persendian tubuh, misalnya saja ngilu di area panggul. Hal yang demikian ini disebabkan oleh hormon relaxin. Hormon tersebut bertugas untuk lenturkan atau lemaskan otot – otot persendian dan ligament di dalam tubuh dengan tujuan memastikan tubuh Anda siap untuk proses melahirkan.

Meskipun tubuh Anda secara otomatis dibantu oleh berbagai hormon untuk bersiapan menyambut proses melahirkan, tetapi alangkah baiknya jika Anda berlatih secara rutin dan teratur untuk meregangkan area panggul sepanjang masa kehamilan. Nah, di bawah ini adalah 4 latihan senam yoga untuk melatih panggul saat hamil yang bisa Anda coba.

4 Latihan Senam Yoga Untuk Melatih Panggul Saat Hamil

4 Latihan Senam Yoga Untuk Melatih Panggul Saat Hamil

Easy pose : Sukhasana

Ini adalah posisi hip opening paling mudah untuk dilatih, dan dapat dilakukan kapan pun. Meskipun tampak mudah, tidak semua orang bisa melakukannya, khususnya bagi pria yang sering otot – ototnya lebih kaku. Gerakan yoga satu ini dapat Anda lakukan di setiap kali memulai latihan senam yoga yang disertai dengan latihan pernafasan untuk selaraskan pikiran dan tubuh, serta Anda bisa lakukan kembali sebelum akhiri latihan senam yoga Anda.

Manfaat yang Anda dapatkan adalah otot panggul jadi lebih terbuka, tulang punggung memanjang, membuka area dada, dan jika disertai dengan latihan pernafasan, maka akan tingkatkan fokus, ketenangan diri, keseimbangan diri dan hilangkan rasa lelah serta cemas maupun khawatir yang sering dirasa ibu hamil.

Child pose : Balasana

Posisi ini merupakan posisi paling ditunggu – tunggu di setiap kali berlatih di kelas yoga, sebab posisi tersebut sangat baik untuk rehat sejenak di sela latihan senam yoga yang dinamis. Khususnya pada saat kehamilan, rasanya ingin sepanjang kelas yoga isinya hanya child pose saja.




Manfaat yang didapatkan adalah bisa membuka area panggul dan paha serta meregangkan tulang kelangkang. Melatih posisi ini bisa bantu Anda lepaskan rasa tegang atau pun stress serta bantu menenangkan pikiran maupun tingkatkan rasa tenang dan kesiapan jelang lahiran.

Butterfly pose : Baddha Konasana

Posisi ini merupakan yang paling sering dilatih di sepanjang masa kehamilan, sebab sangat baik sekali untuk membuka area panggul dan saat yang bersamaan juga bisa membantu untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Manfaat yang bisa didapatkan dari latihan senam yoga dengan pose ini adalah untuk membuka area panggul dan paha dalam, tingkatkan asupan oksigen pada plasenta, bantu arahkan bayi untuk turun menuju ke area pelvis, bantu relaksasi semua bagian tubuh, dan bantu proses pembukaan jika dilakukan ketika terjadi kontraksi.

Wide angle seated forward bend : Upavistha konasana

Pose dalam latihan senam yoga satu ini sangat baik sekali untuk ibu hamil, terutama jika Anda mulai rasakan beban berat di sekitar perut yang kemudian menimbulkan rasa sakit di pinggang. Manfaat yang didapat adalah untuk membuka panggul dan tulang kelangkang, hilangkan rasa tegang di tulang punggung, pinggang bawah, serta paha dalam. Disaat yang bersamaan, pose ini juga membantu tingkatkan asupan oksigen pada plasenta.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang 4 latihan senam yoga untuk melatih panggul saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

12 + seventeen =